Pembelajaran Geometri di TK Kartika XXI-17 Kelurahan Liluwo Kecamatan Tengah Kota Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i01.39Keywords:
Pembelajaran Geometri, Faktor PenghambatAbstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat gambaran bagaimana pembelajaran geometri di TK Kartika XXI-17 dan untuk melihat unsur-unsur yang menjadi penghambat dalam pembelajaran tersebut. Strategi penelitian i ini bersifat ilustratif subjektif. Selain itu, metode pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan metode pemeriksaan data melalui 4 tahapan, yaitu: Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Verifikasi Data. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa kapasitas anak-anak untuk memahami bentuk geometri di TK Kartika XXI-17 belum diperkuat. Karena bentuk geometri yang dipahami oleh anak-anak hanya 3 bentuk saja, dalam kegiatan peragaan diselesaikan secara bersama-sama, oleh karena itu, dalam 1 kelas baik kelompok A maupun kelompok B hanya ada 3 sampai 5 anak yang memahami. Pendidik atau guru juga tidak membuat kegiatan dimana anak dapat menyelesaikan latihan mengumpulkan benda-benda di sekitar mereka dalam bentuk geometrinya. sedangkan unsur penghambat dalam pembelajaran geometri ini adalah tidak adanya penggunaan media serta teknik dan prosedur pendidik yang kurang tepat.
Kata kunci : Pembelajaran Geometri, Faktor Penghambat
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Diterbitkan oleh LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo