Pembelajaran Geometri di TK Kartika XXI-17 Kelurahan Liluwo Kecamatan Tengah Kota Gorontalo

Authors

  • Lestari Putri Suriani IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i01.39

Keywords:

Pembelajaran Geometri, Faktor Penghambat

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat gambaran bagaimana pembelajaran geometri di TK Kartika XXI-17 dan untuk melihat unsur-unsur yang menjadi penghambat dalam pembelajaran tersebut. Strategi penelitian i ini bersifat ilustratif subjektif. Selain itu, metode pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan metode pemeriksaan data melalui 4 tahapan, yaitu: Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Verifikasi Data. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa kapasitas anak-anak untuk memahami bentuk geometri di TK Kartika XXI-17 belum diperkuat. Karena bentuk geometri yang dipahami oleh anak-anak hanya 3 bentuk saja, dalam kegiatan peragaan diselesaikan secara bersama-sama, oleh karena itu, dalam 1 kelas baik kelompok A maupun kelompok B hanya ada 3 sampai 5 anak yang memahami. Pendidik atau guru juga tidak membuat kegiatan dimana anak dapat menyelesaikan latihan mengumpulkan benda-benda di sekitar mereka dalam bentuk geometrinya. sedangkan unsur penghambat dalam pembelajaran geometri ini adalah tidak adanya penggunaan media serta teknik dan prosedur pendidik yang kurang tepat.
Kata kunci : Pembelajaran Geometri, Faktor Penghambat

Downloads

Published

2022-03-25

How to Cite

Suriani, L. P. (2022). Pembelajaran Geometri di TK Kartika XXI-17 Kelurahan Liluwo Kecamatan Tengah Kota Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(01), 86–102. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i01.39