Penerapan Metode Al-Sima’ Wa Al-Muhafazah dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah pada Anak Kelompok A di RA Al- Khairat Tilamuta Kabupaten Boalemo

Authors

  • Salma Abubakar TK Negeri Pembina Kec. Tilamuta, Kab. Boalemo
  • Wiwik Pratiwi IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v1i1.34

Keywords:

Metode Al-Sima’ Wa Al-Muhafazah, Huruf Hijaiyah

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini yakni bagaimana Penerapan Metode Al-Sima’ Wa Al-Muhafazah Dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah Pada Anak Kelompok A Di RA Alkhairaat Tilamuta Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan pengetahuan anak mengenal dan menghafal huruf hijaiyah dengan Penerapan Metode Al-Sima’ Wa Al-Muhafazah Dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah Pada Anak Kelompok A Di RA Alkhairaat Tilamuta Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo dan untuk  mengetahui faktor penghambat dan solusi pada penerapan Metode Al-Sima’ Wa Al-Muhafazah dalam pembelajaran huruf hijaiyah pada anak kelompok A di RA Alkhairaat Tilamuta. Jenis penelitian ini tergolong jenis kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah Pendekatan Fenomenologis dan Pendekatan Edukatif. Selanjutnya teknik pengumulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, display ataucara penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.

 Hasil penelitian yang diperoleh penerapan Metode Al-Sima’ Wa Al-Muhafazah dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah Pada Anak Kelompok A Di RA Alkhairaat Tilamuta adalah a) anak mampu mengenal huruf hijaiyah, b) anak mampu membedakan huruf-huruf hijaiyah c) anak mampu menghafal huruf hijaiyah. Faktor penghambat dan solusi pada penerapan Metode Al-Sima’ Wa Al-Muhafazah dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah Pada Anak Kelompok A Di RA Alkhairaat Tilamuta adalah a) kurangnya pengulangan materi di rumah, b) suasana hati anak c) ketidak hadiran anak d) keterlambatan anak dan solusinya adalah a) meningkatkan kerjasama orang tua dan anak b) memvariasi mediayang digunakan

 

Downloads

Published

2020-09-25

How to Cite

Abubakar, S. ., & Pratiwi, W. (2020). Penerapan Metode Al-Sima’ Wa Al-Muhafazah dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah pada Anak Kelompok A di RA Al- Khairat Tilamuta Kabupaten Boalemo. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(01), 79–92. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v1i1.34