Penggunaan Media Kartu Gambar dalam Kegiatan Bercakap-Cakap Bahasa Inggris Anak Usia Dini di TK Mawar Bolaang Mongondow Selatan

Authors

  • Novita Suadi IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Nurwahidah Thayib Pido IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v2i2.232

Keywords:

Kartu Gambar, Bercakap-cakap, Bahasa Inggris AUD

Abstract

Bahasa Inggris kepada anak seharusnya dikenalkan sejak usia
dini, karena anak usia dini masih merupakan masa-masa dasar pertama
untuk mereka mengembangkan salah satu kemampuan bahasa, khususnya
dalam berkosa kata bahasa Inggris. Tetapi permasalahan yang sering
terjadi di lingkungan, bahasa Inggris jarang diajarkan untuk melatih
keterampilan berbahasa mereka. Namun di TK Mawar Bolaang Mongondow
Selatan, tidak hanya dikenalkan melalui pengenalan kosa kata, Sekolah ini
menggunakan kartu bergambar pada kegiatan bercakap-cakap untuk
mengembagkan kemampuan berbahasa Inggris anak. Metode penelitianyang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan Teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan pengamatan peneliti terhadap kemampuan bahasa inggris anak secara
lisan melalui kegiatan bercakap-cakap dengan kartu bergambar yang diterapkan
oleh guru yaitu sebanyak 80% dari kemampuan bahasa Inggris dasar AUD
umumnya .

Downloads

Published

2021-09-25

How to Cite

Suadi, N., & Pido, N. T. . (2021). Penggunaan Media Kartu Gambar dalam Kegiatan Bercakap-Cakap Bahasa Inggris Anak Usia Dini di TK Mawar Bolaang Mongondow Selatan. Early Childhood Islamic Education Journal, 2(02), 159–165. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v2i2.232