Penggunaan Media Kartu Gambar dalam Kegiatan Bercakap-Cakap Bahasa Inggris Anak Usia Dini di TK Mawar Bolaang Mongondow Selatan
DOI:
https://doi.org/10.58176/eciejournal.v2i2.232Keywords:
Kartu Gambar, Bercakap-cakap, Bahasa Inggris AUDAbstract
Bahasa Inggris kepada anak seharusnya dikenalkan sejak usia
dini, karena anak usia dini masih merupakan masa-masa dasar pertama
untuk mereka mengembangkan salah satu kemampuan bahasa, khususnya
dalam berkosa kata bahasa Inggris. Tetapi permasalahan yang sering
terjadi di lingkungan, bahasa Inggris jarang diajarkan untuk melatih
keterampilan berbahasa mereka. Namun di TK Mawar Bolaang Mongondow
Selatan, tidak hanya dikenalkan melalui pengenalan kosa kata, Sekolah ini
menggunakan kartu bergambar pada kegiatan bercakap-cakap untuk
mengembagkan kemampuan berbahasa Inggris anak. Metode penelitianyang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan Teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan pengamatan peneliti terhadap kemampuan bahasa inggris anak secara
lisan melalui kegiatan bercakap-cakap dengan kartu bergambar yang diterapkan
oleh guru yaitu sebanyak 80% dari kemampuan bahasa Inggris dasar AUD
umumnya .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Diterbitkan oleh LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo