Peran Guru dalam Meningkatkan Budi Pekerti Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Limboto

Authors

  • Nadia Haseng IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Munirah IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v2i2.230

Keywords:

Peran Guru, Budi Pekerti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai peran guru dalam meningkatkan budi pekerti anak usia dini kelompok A di TK Negeri Pembina Limboto, dengan melihat beberapa peran, faktor pendukung dan penghambat, serta kendala dan solusi guru yang terdapat dalam proses pembelajaran yang ada   di TK Negeri Pembina Limboto. Jenis penelitian ini merupakam penelitian kualitatif dengan melibatkan tiga orang guru yakni kepala sekoah, guru kelompok A1 dan guru kelompok A2. Teknik pengumpuan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data anaisis secara kualitatif dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru peran guru merupakan upaya dalam mengarahkan atau mendorong pada peserta didik dalam pembelajaran yang diajarkan sesuai kemampuan anak, sehingga dapat mengembangkan nilai-nilai tingkah laku anak yang dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari baik disekolah maupun lingkungan sekitarnya, maka dari itu sangat penting untuk meningkatkan budi pekerti anak sejak dini. Peningkatan budi pekerti untuk anak dilakukan dengan membiasakan anak untuk berperilaku dan bersikap sopan, disiplin, penanaman agama dan moral, bertanggung jawab, dan jujur. Adapun faktor-faktor yang menghambat budi pekerti anak usia dini adanya kurang perhatian dari orang tua serta faktor lingkungan sekitarnya, sedangkan pendukung guru dalam meningkatkan budi pekerti yaitu adanya dukungan dari orang dan kerjasama antara guru dan orang tua anak.

Downloads

Published

2021-09-25

How to Cite

Haseng, N., & Munirah. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Budi Pekerti Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Limboto. Early Childhood Islamic Education Journal, 2(02), 132–147. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v2i2.230