Strategi PPAUD IT Lukmanul Hakim dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Cindy Adam PPIT Lukmanul Hakim
  • Abdurrahman Mala Manajemen Pendidikan Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v2i2.229

Keywords:

Strategi, Kualitas Pembelajaran, Pandemi Covid-19

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui kualitas pembelajaran anak usia dini dimasa pandemic covid-19 dan apa strategi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta apa saja factor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran di PPAUD IT Lukmanul Hakim selama masa masa pandemic covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif-deskriptif dengan subjek penelitian Guru. Teknik pengumpulan data yakni, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data Reduction, data Diplay, conglusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kualitas pembelajaran anak usia dini dimasa pandemic covid-19 yaitu guru mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, membuat pembelajaran yang bervariasi bagi anak, guru membuat anak bersemangat dalam belajar serta guru mampu menciptakan pembelajaran yang berkesan bagi anak dan strategi guru PPAUD IT lukmanul hakim meningkatkan kualitas pembelajaran anak usia dini dimasa pandemi covid-19 mampu mempertahankan kualitas pembelajaran dibuktikan bahwa guru melakukan kegiatan pembelajaran melalui Daring, Luring dan Home Visit dengan menggunakan strategi guru saat sebelum pandemic yakni guru masih melakukan perencanaan pembelajaran, pengorganisasian, pelaksanaan, serta evaluasi. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran di PPAUD IT Lukmanul Hakim diantaranya, guru, orang tua, anak didik, serta sarana dan prasarana.

Downloads

Published

2021-09-25

How to Cite

Cindy Adam, & Mala, A. (2021). Strategi PPAUD IT Lukmanul Hakim dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Early Childhood Islamic Education Journal, 2(02), 114–131. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v2i2.229