Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih & Sehat Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi di Kelompok A TK Beringin Jaya Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Authors

  • Sisrianti Imban IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Indriani IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v2i1.227

Keywords:

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Metode Demonstrasi

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah “Bagaimana Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi.” Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia Dini dengan menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelompok A TK Beringin Jaya Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah kelompok A berusia 4-5 tahun berjumlah 20 anak yang terdiri dari 12 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan analisis data deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan peneliti yaitu pada saat Pra Tindakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Melalui Metode Demonstrasi hanya sekitar 20% atau 4 anak dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH). setelah dilaksanakan siklus I kemampuan dengan berkembang sangat baik terdapat 45% atau 9 anak. dan pada saat dilaksanakan siklus II terjadi peningkatan yaitu sekitar 90% atau 18 anak dengan kategori berkembang sangat baik (BSB). Rekomendasi hasil penelitian ini adalah guru harus memiliki berbagai macam strategi dan metode pembelajaran. Agar anak mampu memahami dan dapat melaksanakan apa yang diarahkan oleh guru. Guru juga merupakan pemeran utama dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2021-03-25

How to Cite

Sisrianti Imban, & Indriani. (2021). Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih & Sehat Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi di Kelompok A TK Beringin Jaya Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Early Childhood Islamic Education Journal, 2(01), 63–75. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v2i1.227