Pembiasaan Sikap Disiplin Anak di Taman Kanak-Kanak Aster Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo

Authors

  • Osin Djafar TK Aster Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo
  • Kasidi IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v2i1.226

Keywords:

Pembiasaan, Sikap Disiplin, Anak

Abstract

Penelitianinidilatarbelakangipembiasaan sikap disiplin di TK Aster, Kec. Pulubaladimanapembiasaandilakukandenganmemberikancontohataupunmenjadi tauladan bagi peserta didik sertapada saat pembelajaran dikelas mulai berlangsungdan juga di luar kelas.Dalampengumpulandata,penelitimenggunakanmetodeobservasi,wawancaradandokumentasi, yang digunakanuntukmengumpulkandatamengenaikeadaansekolah,kondisisaranaprasarananya,sertapembiasaan sikap disiplin anakdi TK Aster. Hasil penelitian ini menunjukan bahwaanak dibiasakan untukmenunggugiliransesuai urutan dan tidak saling mendahului ketika masuk ruang belajar atau ruang bermain.Demikian pula ketika kegiatan pembelajaran usai dilaksanakan, anak dibiasakan menunggugiliran masing-masing (2) Faktor pendukung dan penghambat faktor pendukung diataranyaseperti adanya motivasi dari pendidik dan adanya antusiasa dari anak didik, namun dalampembiasaan sikap disiplin pulamemiliki hambatanyakni kurangnya kerja sama orang tuadalamembiasakan anak untuk antridilingkungan keluarga.

Downloads

Published

2021-03-25

How to Cite

Djafar, O., & Kasidi. (2021). Pembiasaan Sikap Disiplin Anak di Taman Kanak-Kanak Aster Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 2(01), 85–100. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v2i1.226