Penerapan Permainan Kartu untuk Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Suku Kata pada Kelompok B TK Pertiwi Tanggungan Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang
DOI:
https://doi.org/10.58176/eciejournal.v5i02.2201Keywords:
Mengenal Suku Kata, Permainan KartuAbstract
Pengembangan kemampuan berbahasa bagi anak usia dini sangat penting. Hal ini akan berpengaruh pada tahap kemampuan anak yang lainnya. Kemampuan anak dalam mengenal suku kata pada TK Pertiwi Tanggungan sangatlah kurang. Kegiatan mengenal suku kata meliputi kemampuan pada aspek bahasa yaitu membaca dan menulis. Kurangnya kemampuan anak dalam mengenal suku kata dikarenakan dikarenakan selama ini metode yang kurang tepat dalam pembelajaran dan media yang digunakan kurang menarik. Hal ini disebabkan siswa jenuh, bosan, acuh tak acuh dan pasif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelompok B TK pertiwi Tanggungan. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas dengan dua siiklus dengan tiap siklus menggunakan tahap : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3 Observasi/pengamatan dan 4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas belajar siswa meningkat dari 55,6% pada siklus I menjadi 83,88% pada siklus II. Permainan kartu dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal suku kata di kelompok B TK Pertiwi Tanggungan. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan sebagai rujukan bagi satuan pendidikan untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Diterbitkan oleh LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo