Penerapan Metode Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini

Authors

  • Tri Utami Utami UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i02.214

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan metode proyek dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini di TK ABA Al Hikmah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data-data penelitian dikumpulkan melalui kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode proyek pada pembelajaran di TK ABA Al Hikmah meliputi fase kerja metode proyek yaitu: (1) fase 1 (memulai proyek) meliputi pemilihan tema, webbing awal untuk mengetahui pengetahuan awal tentang tema; fase 2 (mengembangkan proyek) meliputi menggali informasi melalui buku, film, wawancara dengan guru tamu, dan trip serta merencanakan proyek akhir; fase 3 (menyelesaikan proyek) meliputi pembuatan proyek, pameran, webbing akhir dan exit point; (2) pembelajaran dengan metode proyek telah meningkatkan kreativitas anak usia dini antara lain mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, memiliki daya imajinasi tinggi, menghasilkan suatu bentuk, menjawab pertanyaan sederhana, dan memiliki tanggungjawab.

Downloads

Published

2022-09-25

How to Cite

Utami, T. U. (2022). Penerapan Metode Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(02), 118–132. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i02.214