Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Teknik Modelling

Authors

  • Merti Pomaalo RA An-Najhmus Saghir

Keywords:

Kemandirian Anak, Teknik Modelling

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Kemandirian Anak Kelompok B di RA Annjamus Shagir Kota Gorontalo melalui Teknik Modeling, yang berjumlah 24 anak yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 11 anak perempuan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif penelitian tindakan kelas, dengan prosedur penelitian terdiri dari: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi.Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dapat disimpulkan bahwa: Penggunaan Teknik Modeling dalam pembelajaran dapat meningkatkan Kemandirian Anak Kelompok B di RA Annajmus Shagir Kota Gorontalo. Peningkatan hasil belajar dapat diketahui dari lembar observasi kemampuan kemandirian anak dalam kegiatan makan bersama di mana pada siklus 1 tingkat ketuntasan belajar adalah sebesar 54%, pada siklus 2 terjadi peningkatan yakni sebesar 97% . Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa peningkatan kemandirian anak dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 43%.Dari hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa dalam penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru sebaiknya dilakukan secara periodik, karena dengan pelaksanaan PTK secara periodik akan diketahui perkembangan anak dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2020-09-25

How to Cite

Merti Pomaalo. (2020). Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Teknik Modelling. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(02), 200–208. Retrieved from https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ECIEJ/article/view/203