Penanaman Nilai Kemandirian Anak Usia Dini melalui Pemberian Tugas pada Kelompok B5 di RAT Al-Ishlah Kota Gorontalo

Authors

  • Sri Tutut Ibura TK Negeri 03 Mananggu
  • Sitti Rahmawati Talango IAIN Sultan Amai Gorontalo

Keywords:

Nilai Kemandirian, AUD, Pemberian Tugas

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai pemberian tugas, yang mempunyai kaitan dengan pengembangan kepribadian anak, terutama dalam kemandirian anak. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui bagaimana proses, hambatan dan faktor pendukung terbentuknya penanaman nilai kemandirian anak usia dini melalui pemberian tugas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, untuk menjelaskan hal tersebut data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemandirian anak usia dini melalui pemberian tugas menunjukkan telah sepenuhnya menanamkan kemandirian. Kesimpulannya melalui pemberian tugas mewarnai, dengan menggunakan 7 item program yang sudah. Faktor pendukung kemandirian anak melalui pemberian tugas yaitu faktor lingkungan dan pola asuh orangtua. Kemudian hambatan dan solusi yang dihadapi guru dalam kemandirian anak melalui pemberian tugas sebagai berikut: Pertama orangtua yang tidak mendukung atau bertolak belakang dengan guru, solusinya membuat komitmen kembali dan kerjasama antara guru dan orangtua. Kedua masih ada anak yang belum mau mengerjakan tugas, solusinya guru pisahkan anak ini dulu dari teman- temannya yang sedang belajar, menyesuaikan suasana sesuai hati anak dan tidak memaksa jika mood anak sudah mulai baik baru guru menenangkan hati anak dan mengajak anak kembali belajar bersama dengan teman-temannya.

Downloads

Published

2020-09-25

How to Cite

Ibura, S. T., & Sitti Rahmawati Talango. (2020). Penanaman Nilai Kemandirian Anak Usia Dini melalui Pemberian Tugas pada Kelompok B5 di RAT Al-Ishlah Kota Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(02), 177–189. Retrieved from https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ECIEJ/article/view/202