Meningkatkan Keterampilan Kerja Sama Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Kooperatif di kelompok B TK Mekar Sari Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo

Authors

  • Kasmin Dai TK Mekar Sari Desa Potanga Kabupaten Gorontalo
  • Sitriah Salim Utina IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v1i2.200

Keywords:

Keterampilan Kerjasama, Bermain Kooperatif

Abstract

Penelitian ini membahas penggunaan metode bermain koperatif dalam meningkatkan keterampilan kerjasama AUD sertafaktor pendukung dan penghambatnya. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan reduksi data, penyajian data dan penrikan kesimpulan. Kemudian untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi teknik. Hasil penelitian:1) meningkatkan keterampilan kerjasama AUD melalui metode bermain kooperatif terutama di kalangan kelompok B mereka sudah cukup baik dari sebelumnya. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran diutamakan adalah media yang penarik bagi anak dan utamanya tidak berbahaya. Cara guru menyampaikan juga harus jelas agar anak mudah mengerti. 3) peningkatan anak dalam meningkatkan keterampilan kerjasama aud melalui metode bermain kooperatif dapat diketahui melalui pengamatan guru pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian diharapkan kepada guru, orangtua bisa mengulang pembelajaran yang didapatkan terutama untuk kebutuhan anak dalam pembelajaran. Bagi peneliti agar lebih memahami tentang meningkatkan keterampilan kerjasama anak melalui metode Bermain kooperatif agar anak lebih senang dan tertarik untuk melakukan kegaiatan

Downloads

Published

2020-09-25

How to Cite

Dai, K. ., & Utina, S. S. (2020). Meningkatkan Keterampilan Kerja Sama Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Kooperatif di kelompok B TK Mekar Sari Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(02), 153–165. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v1i2.200