Pengaruh Media Pembelajaran Bigbook terhadap Kemampuan Menyimak Anak TK Al-Wathaniyah Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo

Authors

  • Alfasana Kuku RA An Nur Syifaa
  • Lukman Arsyad IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v1i1.20

Keywords:

Media Pembelajaran Bigbook, Kemampuan Menyimak

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu ingin mengetahui apakah ada pengaruh media pembelajaran bigbook terhadap kemampuan menyimak anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan mendalam mengenai pengaruh media pembelajaran bigbook terhadap kemampuan menyimak anak pada kelompok A TK Al- wathaniyah kecamatan kota timur kota gorontalo. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 18 sehingga penelitian ini dikatakan sebagai penelitian populasi. Selanjutnya pengumpulan data penulis menggunakan observasi, angket, tes dan dokumentasi, dan jenis analisis data menggunakan tahapan SPSS 16. Berdasarkan hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa media pembelajaran bigbook memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menyimak anak yaitu sebesar 95% dan di peroleh thitung = -23.252 dan nilai sig.(2-tailed) = 0.000. Sebab Nilai signifikannya 0.000 < 0.005 maka H0 di  tolak dan Hi diterima. Dengan demikian media pembelajaran bigbook berpengaruh positif terhadap kemampuan menyimak anak. Dari penelitian ini guru dapat mengetahui  seberapa besar pengaruh pemberian media pembelajaran bigbook terhadap kemampuan menyimak anak. Sehingga diharapkan kepada guru lebih kreatif memilih media yang digunakan sehingga peserta didik lebih bersemangat untuk menerima pelajaran.

Downloads

Published

2020-09-25

How to Cite

Kuku, A., & Arsyad, L. . (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Bigbook terhadap Kemampuan Menyimak Anak TK Al-Wathaniyah Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(01), 20–26. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v1i1.20