Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Anak melalui Permainan Estafet Gelang Karet pada Anak di Kelompok B TK Kartika XXI-17 Kota Tengah Kota Gorontalo

Authors

  • Herlina Botutihe IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Wiwik Pratiwi IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v1i2.199

Keywords:

Keterampilan Kerjasama, Permainan Estafet Gelang Karet.

Abstract

Penelitian ini membahas gambaran umum keterampilan kerjasama pada anak usia dini dalam permainan estafet gelang karet pada kegiatan  di TK Kartika XXI-17 Kota Tengah Kota Gorontalo, serta faktor penghambat dan pendukungnya.Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data ditempuh melalui: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu: Reduksi Data, Penyajian Data, dan Verifikasi Data. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kerjasama anak melalui permainan estafet gelang karet dapat membantu meningkatkan keterampilan kerjasama anak di TK Kartika XXI-17 Kota Tengah Kota Gorontalo. Permainan estafet gelang karet dapat dilakukan secara berkelompok dengan tujuan untuk membentuk sikap kooperatif pada diri anak agar dapat bekerjasama dalam melakukan permainan sesuai dengan aturan yang ditentukan. Dengan permainan estafet gelang karet, terlihat bagaimana anak dapat bekerjasama dalam menyelesaikan tugas dengan orang lain, tolong menolong, bertanggung jawab, dan saling berinteraksi dengan baik.

Downloads

Published

2020-09-25

How to Cite

Botutihe, H., & Wiwik Pratiwi. (2020). Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Anak melalui Permainan Estafet Gelang Karet pada Anak di Kelompok B TK Kartika XXI-17 Kota Tengah Kota Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(02), 136–152. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v1i2.199