Meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial Anak Melalui Media Grafik Di Kelompok B1 RA Al-Mourky Kec. Telaga Kab.Gorontalo

Authors

  • Jurmita Kaunang IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Lukman Arsyad IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v1i2.198

Keywords:

Kecerdasan Visual Spasial, Media Papan Grafik

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengamati penggunaan media papan grafik dalam meningkatkan kecerdasan visual anak kelompok B RA Al- Mourky Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi teknik.Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Anak sudah bisa melatih daya pikir dengan menyusun bentuk-bentuk serta warna buah yang ada di dalam papan grafik. 2) Proses pembelajaran dengan Menggunakan Media Papan Grafik, anak sudah bisa mengerjakan tugasnya dengan baik tanpa arahan guru untuk memperagakannya. 3) faktor penghambatnya anak tidak bisa sabaran dalam menunggu giliran sedangkan faktor pendukung tersediannya media pembelajaran.

Saran penelitian ini diharapkan kepada guru terlebih kepada orang tua agar lebih dalam lagi untuk mengulang kembali apa yang menjadi kebutuhan anak terutama dalam pembelajaran yang telah diberikan oleh guru di sekolah. Bagi peneliti agar lebih memahami tentang meningkatkan visual-spasial anak melalui media papan grafik agar anak lebih serius dalam menerima pembelajaran.

 

Downloads

Published

2020-09-25

How to Cite

Kaunang, J., & Lukman Arsyad. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial Anak Melalui Media Grafik Di Kelompok B1 RA Al-Mourky Kec. Telaga Kab.Gorontalo . Early Childhood Islamic Education Journal, 1(02), 122–135. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v1i2.198