Penggunaan Media Puzzle Gerakan Sholat dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini dengan di Kelompok B2 Raudhatul Athfal Al-Mourky Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo

Authors

  • Dewanti Duhuto TK KhoiruUmmah Kota Gorontalo
  • Kasidi IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v1i2.197

Keywords:

Media Puzzle Gerakan Sholat, Kemampuan Sosial Emosional, Anak Usia Dini

Abstract

Abstrak : Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gambaran proses meningakatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini melalui media puzzle gerakan sholat dan Faktor yang mendukung dan menghambat proses meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini melalui media puzzle gerakan sholat di kelompok B2 RA AlMourky Kecamatan Telaga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualiatif dengan pendekatan naratif. Selanjutnya, sumber data yakni data primer dan data sekunder teknik pengumpulan data yakni observasi wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data  pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh terkait dengan meningkatkan sosial emosional anak melalui media puzzle gerakan sholat bahwa  media puzzle dapat meningkatkan kemampuan sosial emosi anak hanya dibutuhkan beberapa strategi khusus dalam mengajarkannya dan dalam mengatasi masalah yang dapat menghambat proses meningkatkan kemampuan sosial emosi anak dan ada media yang lebih tepat lagi sesuai dengan indikator yang ada. Saran untuk pendidik dan orang tua agar bekerja sama dalam melatih kemampuan sosial emosi anak sejak dini.

 

Downloads

Published

2020-09-25

How to Cite

Duhuto, D. ., & Kasidi. (2020). Penggunaan Media Puzzle Gerakan Sholat dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini dengan di Kelompok B2 Raudhatul Athfal Al-Mourky Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(02), 108–121. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v1i2.197