Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Akidah Akhlak melalui Strategi Index Card Match Siswa Fase B Madrasah Ibtidaiyah Al-Miftah Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Authors

  • Zaitun Nisa MI AL Miftah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v4i01.1745

Keywords:

Strategi Index Card Match, Hasil Belajar, Akidah Akhlak Iman Kepada Kitab-Kitab Allah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi iman kepada kitab-kitab Allah mata pelajaran akidah akhlak melalui strategi Index Card Match. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B2 MI Al Miftah Barabai Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh strategi Index Card Match berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi iman kepada kitab-kitab Allah. Sebelum diterapkannya strategi Index Card Match hasil belajar siswa secara klasikal hanya 4 siswa (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 6 siswa (60%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.0 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 8 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 80.0. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Zaitun Nisa. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Akidah Akhlak melalui Strategi Index Card Match Siswa Fase B Madrasah Ibtidaiyah Al-Miftah Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Early Childhood Islamic Education Journal, 4(01), 69–89. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v4i01.1745