Penerapan Media Pohon Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak di Kelompok A TK Negeri Beringin Jaya Saleo

Authors

  • Siti Hardianti Kapiso IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v5i01.1440

Keywords:

Kemampuan Berhitung, Media Pohon Angka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak menggunakan media pohon angka di TK Negeri Beringin Jaya Saleo Kecamatan Bolangitang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, siklus I dilaksanakan 3 pertemuan dan Siklus II Dilaksanakan II pertemuan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik observasi, Unjuk Kerja dan dokumentasi. Desain penelitian memilki empat  model yaitu: pengamatan, perencanaan, tindakan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan mesia pohon angka untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak di kelompok A TK Beringin Jaya Saleo dapat dilihat dari jumlah presentase yang didapatkan. Pada saat prasiklus presentase rata-rata yakni 44.58% sebelum dilakukan tindakan, kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai presentase rata-rata meningkat yakni 72.91%, dan meningkat lagi pada siklus II dengan nilai presentase rata-rata yakni 91.25% dan sudah mencapai tingkat keberhasilan yakni 80%. Maka dengan itu penggunaan media pohon angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak di kelompok A TK Beringin Jaya Saleo.

Downloads

Published

2024-03-25

How to Cite

Kapiso, S. H. (2024). Penerapan Media Pohon Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak di Kelompok A TK Negeri Beringin Jaya Saleo. Early Childhood Islamic Education Journal, 5(01), 31–42. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v5i01.1440