Penerapan Metode Bermain Peran Makro untuk Menigkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.58176/eciejournal.v5i02.1419Keywords:
Keterampilan Berbicara, Bermain Peran MakroAbstract
Kegiatan bermain peran makro dapat menjadi salah satu cara dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis Mc Tagart. Subjek penelitian yakni anak usia 4-5 tahun di kelompok A TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo yang bejumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Desain penelitian memilki empat model yaitu: pengamatan, perencanaan, tindakan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode bermain peran makro untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak usia 4-5 tahun di kelompok A TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo dapat dilihat dari jumlah-jumlah presentase yang didapatkan. Pada saat prasiklus prsentase rata-rata yakni 38.16% sebelum dilakukan tindakan, kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai presentase rata-rata meningkat yakni 62.56%, dan meningkat lagi pada siklus II dengan nilai presentase rata-rata yakni 90.31% dan sudah mencapai tingkat keberhasilan yakni 71%. Maka dengan itu penggunaan metode bermain peran makro dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun di kelompok A TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Diterbitkan oleh LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo