Peran Guru dalam Penanaman Sikap Kemandirian Anak di Kelompok A TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo
Keywords:
Peran Guru, Sikap Kemandirian, Anak Usia DiniAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam penanaman sikap kemandirian anak pada kelompok A di TK Kemla Bhayangkari 06 Gorontalo dan untuk mengetahui kendala guru dalam penanaman sikap kemandirian anak pada kelompok A di TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomologis. Teknik pengambilan data di lakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara.
Berdasarkan observasi mengenai peran guru dalam penanaman sikap kemandirian anak pada kelompok A di TK Kemala Byangkari 06 Gorontalo sudah menujukkan sepenuhnya sikap kemandirian pada anak dengan berawal pada diri sendiri. dari hasil penelitian guru menggunakan pendekatan dengan cara: (1) Mengerjakan keterampilan dasar: artinya Guru mengejarkan ketarampilan dasar seperti berpakaian sendiri, makan sendiri dan merapikan mainan sendiri. (2) Membuat lingkungan yang mendukung: artinya Guru harus menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung agar anak merasa aman dan mencoba hal-hal baru dan belajar dari kesalahan mereka. (3) Memberi kesempatan: artinya Guru harus memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan tugas dan Aktivitasnya dengan sendiri. (4) Mengajarkan tanggung jawab: artinya Guru mengjarkan anak-anak tentang pentingnya tanggung jawab dan konsekuensi dari tindalan mereka, agar anak dapat menghargai diri sendiri dan orang lain. kendala guru dalam penanaman sikap kemandirian anak yaitu anak yang tidak bisa mandiri, orang tua yang tidak di siplin dan lingkungan yang tidak baik juga sangat berpengaruh terhadap anak dimana anak akan meniru dengan apa yang mereka lihat dan dengar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Diterbitkan oleh LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo