Penanaman Nilai Agama & Moral pada Anak Usia Dini melalui Program Dzikir dan Religius di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo

Authors

  • Nasra Sarpin IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v5i01.1414

Keywords:

Nila Agama Moral, Anak Usia Dini, Program Dziki & Religius

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi penanaman nilai agama dan moral pada anak usia dini melalui program dzikir dan religius di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo dan mengetahui hambatannya. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan teknik, sumber, dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan program dzikir dan religius di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo yang dilaksanakan setiap seminggu sekali yaitu pada hari jum’at, yang kegiatannya setiap minggu berbeda-beda. Program ini yang sudah dirancang oleh para guru sebelum dilaksanakan, yaitu harus memiliki beberapa indikator yakni, tujuan, jenis, jangka waktu, luas sempit, pelaksana, dan sifat. Program ini bertujuan untuk menanamkan nilai agama dan moral pada anak di usia dini agar terbentuk kepribadian yang baik dan mempunyai sikap penuh rasa tanggung jawab serta empati sesamanya

Downloads

Published

2024-03-25

How to Cite

Sarpin, N. (2024). Penanaman Nilai Agama & Moral pada Anak Usia Dini melalui Program Dzikir dan Religius di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 5(01), 43–52. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v5i01.1414