Strategi Guru dalam Melatih Kemandirian Anak Usia Dini di TK Az-Zikra Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo

Authors

  • Sri Yulan Giola TK Az-Zikra
  • Indriani IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v5i01.1413

Keywords:

Strategi Guru, Kemandirian, Anak Usia Dini

Abstract

Pembiasaan kemandirian pada anak, telah ditanamkan dalam segala aktivitas anak di TK Az-Zikra. Anak terbiasa melakukan aktivitas tanpa bantuan pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi guru dalam melatih kemandirian anak di usia dini. dengan melihat beberapa strategi , faktor-faktor yang memengaruhi kemandirian  dan kendala yang dihadapi guru dalam melatih kemandirian anak usia dini pada kelompok B TK Az-zikra Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan dekskriptif, yang  melibatkan siswa, guru dan kepala sekolah. Adapun tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru dalam melatih kemandirian anak usia dini di kelompok B TK Az- Zikra  meliputi: pemberian  kepercayaan, kesempatan, dukungan dan motivasi, penerapan metode bermain dan melibatkan orang tua. Adapun faktor-faktor yang mendukung sdtrategi guru diantaranya; lingkungan, jenis kelamin dan pola asuh. Sementara kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi tersebut ialah jumlah  peserta didik yang banyak di dalam rombongan belajar.

Downloads

Published

2024-03-25

How to Cite

Giola, S. Y., & Indriani. (2024). Strategi Guru dalam Melatih Kemandirian Anak Usia Dini di TK Az-Zikra Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 5(01), 19–30. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v5i01.1413