Variasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi

Authors

  • Izzatur Rusuli IAIN Takengon, Aceh, Indonensia
  • Rita Rezeki IAIN Takengon, Aceh
  • Syarifah Aini Rambe IAIN Takengon, Aceh

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v4i01.1392

Keywords:

Variasi Pembelajaran, Anak Usia Dini, Masa Pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi covid-19 telah memberikan dampak terhadap seluruh aspek kehidupan termasuk pendidikan pada anak usia dini. Anak usia dini memerlukan bimbingan secara langsung untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya agar siap melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru TK IT Cendekia Takengon di masa pandemi covid-19 dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi yang dilakukan kepada kepala sekolah, wakil kurikulum dan guru TK IT Cendekia Takengon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah menerapkan pembelajaran daring dengan cara mengirimkan materi pelajaran melalui grup whatsapp. Variasi yang kedua adalah menerapkan pembelajaran luring dengan tiga cara, yaitu home visit (kunjungan ke rumah), tatap muka secara shift (bergantian) dan les di salah satu rumah peserta didik. Kendala yang dihadapi pada pembelajaran tersebut adalah adalah kurangnya kerjasama dengan orang tua, sulitnya menentukan media pembelajaran yang tepat, kendala teknis, memakan banyak waktu, adanya pengurangan waktu belajar, pengulangan materi pembelajaran dan keterbatasan fasilitas pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan manfaat bagi guru di Taman Kanak-Kanak agar dapat melakukan pembelajaran yang dapat menstimulasi perkembangan anak secara langsung dengan tetap mempertimbangkan kondisi pandemi seperti ini.         

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Rusuli, I., Rezeki, R., & Rambe, S. A. (2023). Variasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi. Early Childhood Islamic Education Journal, 4(01), 14–30. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v4i01.1392