Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Langsung dengan Media Gambar Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah

Authors

  • Esti Safitri Tabo IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Herson Anwar IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Febry Rizki Susanti Kalaka IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v4i01.1074

Keywords:

Model Pembelajaran Langsung, Media Gambar Konkret, Hasil Belajar Matematika, Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan model pembelajaran langsung dengan media gambar konkret terhadap hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas III SDN 9 Limboto. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental semu, yaitu penelitian eksperimen yang hanya dilaksanakan pada satu kelompok saja yang dinamakan kelompok eksperimen tanpa adanya kelompok pembanding atau kelompok kontrol. Penetapan populasi dan sampel diambil dari kelas III berjumlah 16 orang siswa dimana semua populasi dijadikan sampel (sampling jenuh). Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan tes soal pilihan ganda yang berjumlah 10 soal. Dari hasil analisis uji hipotesis diperoleh hasil uji paired sample t-test dengan data akhir yang diperoleh pada hasil Pretest dan Posttest nilai thitung sebesar -5,836 | 5,836 | dengan df = 15 dan ttabel dengan taraf a = 0,05 sebesar 2,131. Dengan demikian, thitung -5,836 | 5,836 > ttabel 2,131 yang berarti bahwa H1 diterima dan H0 ditolak dengan hasil terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran langsung dengan media gambar konkret terhadap hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas III SDN 9 Limboto.

Downloads

Published

2023-09-15

How to Cite

Esti Safitri Tabo, Anwar, H. ., & Kalaka, F. R. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Langsung dengan Media Gambar Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah. Early Childhood Islamic Education Journal, 4(01), 1–12. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v4i01.1074