Pengaruh Kegiatan Show and Tell terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 01 Airhaji Pesisir Selatan

Authors

  • Lany Krisdayanti Universitas Negeri Padang
  • Nenny Mahyuddin IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v4i02.1063

Keywords:

Show And Tell, Kepercayaan Diri, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan show and tell terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis quasi experimental. Dalam penelitian ini populasinya terdiri dari seluruh anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 01 Airhaji Pesisir Selatan dengan sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang dari kelas B5 dan 15 orang dari kelas B6, sampel dipilih berdasarkan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik test an dokumentasi, test yang akan digunakan bersumber dari instrument penelitian yang sebelumnya sudah didiskusikan dengan validator ahli dibidangnya. kemudian data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis dan effect size. Menurut analisis data ditemukan bahwa  nilai awal anak pada treatment di kelas eksperimen sebesar 22,2 dan pada penilaian akhir sebesar 31,06. Sedang pada kelas kontrol, rata-rata perolehan nilai kepercayaan diri anak pada awal sebesar  22,2 dan  penilaian akhir diperoleh sebesar 27,6. Secara keseluruhan data sudah memiliki distribusi yang normal dan homogen. Berdasarkan hasil perbandingan rata-rata, didapatkan bahwa nilai signifikansinya adalah 0,002<0,05  sehingga (H1) diterima dan (Ho) ditolak. Kesimpulan penelitian ini bahwa kegiatan show and tell berpengaruh terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak- Kanak Negeri Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan.

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Krisdayanti, L., & Mahyuddin, N. (2023). Pengaruh Kegiatan Show and Tell terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 01 Airhaji Pesisir Selatan . Early Childhood Islamic Education Journal, 4(02), 170–183. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v4i02.1063