Efektivitas Aplikasi Scratch dalam Media Game Menggambar Bebas untuk Mengembangkan Keterampilan Menggambar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Jihad Padang Panjang
DOI:
https://doi.org/10.58176/eciejournal.v4i02.1031Keywords:
Aplikasi Scratch, Keterampilan Menggambar, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media aplikasi scratch dalam media game menggambar bebas untuk mengembangkan keterampilan menggambar anak 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasi Eksperimen. Populasi penelitian seluruh murid TK Islam Masjid Raya Jihad Padang Panjang, dan Teknik pengambilan sampelnya Cluster Sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan karakteristik tertentu diperlukan dalam penelitian, yaitu kelas B1 dan B6 masing-masing berjumlah 15 anak. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi berupa pertanyaan sebanyak 10 butir dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, hipotesis, effect size, alat pengumpul data digunakan lembar pernyataan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mengembangkan keterampilan menggambar dikelas eksperimen terlihat bahwa varians data N-gain untuk kelas eksperimen dalam penggunaan aplikasi Scratch dan kelas kontrol menggunakan krayon adalah homgeny. Hasil diatas menunjukkan bahwa nilai sig. (2 tailed) 0,01 < 0,05 dan bernilai signifikan. Dilakukan uji effect size untuk mengetahui besar pengaruh perlakuan mendapatkan hasil nilai effect size sebesar 27,03 yang merupakan kategori kuat karena nilainya < 1,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sangat berpengaruh antara penggunaan media aplikasi scratch dengan perlakuan yang diberikan peneliti dalam mengembangkan keterampilan menggambar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Diterbitkan oleh LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo