Pengaruh Animasi Dora The Explorer Terhadap Perkembangan Berbicara Anak di Taman Kanak-kanak Al Mursalat 2 Kuranji Kota Padang

Authors

  • Mitri Febyana Universitas Negeri Padang
  • Sri Hartati Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v4i02.1028

Keywords:

Animasi Dora the explorer, Perkembangan Berbicara

Abstract

Penelitian ini adalah menentukan bagaimana pengaruh animasi Dora the Explorer terhadap perkembangan bahasa TK Al Mursalat 2 Kuranji Padang khususnya kemampuan berbicara anak. Dalam bentuk penelitian ini, metodologi kuantitatif dan Quasi eksperimental diterapkan. Penelitian dilakukan di TK Al Mursalat 2 Kuranji Padang dalam dua kelas yang masing-masing terdiri dari sepuluh anak, dengan B1 sebagai kelompok eksperimen dan B2 kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen penelitian melalui enam indikator berbeda. Pengujian hipotesis, homogenitas, dan normalitas semuanya digunakan dalam pendekatan analisis data.

Hasil penelitian menyebabkan peningkatan nilai keseluruhan kelas eksperimen. Rata-rata nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen masing-masing sebesar 108 dan 204, sedangkan nilai pre-test dan post-test masing-masing sebesar 10,80 dan 20,40. Kelompok kontrol mencapai skor masing-masing 101 dan 168 pada sebelum dan sesudah tes. Pengumpulan data akhir bersifat seragam dan tersebar luas. Nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000 yang dicapai untuk pengujian hipotesis sampel independen, yaitu kurang dari 0,05. Temuan ini mendukung hipotesis bahwa perkembangan bicara anak di TK Al Mursalat 2 Kuranji Padang dipengaruhi oleh media animasi Dora the Explorer.

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Mitri Febyana, & Sri Hartati. (2023). Pengaruh Animasi Dora The Explorer Terhadap Perkembangan Berbicara Anak di Taman Kanak-kanak Al Mursalat 2 Kuranji Kota Padang. Early Childhood Islamic Education Journal, 4(02), 127–136. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v4i02.1028