Kreativitas Belajar Anak melalui kegiatan Bermain Maze di TK B PPIT Lumanul Hakim Gorontalo

Authors

  • Miftahul Zannah Ake IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Sitriah Salim Utina IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i02.1027

Keywords:

Kreativitas, Kegiatan Maze

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam artikel ini yaitu untuk meningkatkan kreativitas belajar anak usia dini melalui kegiatan maze di TK B Lukmanul Hakim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas belajar anak usia dini melalui kegiatan maze di TK B1 Lukmanul Hakim Kecamatan Limboto. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil presentase capaian setiap siklusnya dan analisis interaktif yaitu analisis dimulai dari awal sampai akhir pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata peningkatan kreativitas belajar anak usia dini melalui kegiatan maze di TK B1 Lukmanul Hakim pada pra siklus mencapai 54.58, dan pada saat peneliti melakukan tindakan pada siklus I sudah meningkat 79.17, dan siklus II lebih meningkat lagi sampai 97.88 sesuai target peneliti. Dapat disimpulkan bahwa variasi dalam kegiatan pembelajaran mempunyai peran penting dalam meningkatkan kreatvitas belajar melalui kegiatan maze Dengan demikian terbukti bahwa meningkatkan kreativitas belajar anak usia dini melalui kegiatan maze pada TK B1 Lukmanul Hakim sudah meningkat.

Downloads

Published

2022-03-25

How to Cite

Ake, M. Z., & Utina, S. S. (2022). Kreativitas Belajar Anak melalui kegiatan Bermain Maze di TK B PPIT Lumanul Hakim Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(01), 103–117. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i02.1027